Lintas Daerah Lintas Provinsi News

Baduy Nol Kasus Covid-19

Penajournalis.com, Baduy – Setelah lewat setahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia, ternyata Warga Baduy yang berhasil terhindar dari terpaparnya Covid-19 atau nol kasus, karena disiplin tidak ke luar daerahnya. Selama ini, aktivitas masyarakat Baduy lebih banyak di rumah dan ladang-ladang untuk mengembangkan pertanian.

Selain itu karena masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan Covid-19. Bahkan, tetua adat setempat mengimbau masyarakat Baduy tidak boleh ke luar daerah seperti ke Jakarta, Tangerang dan Bogor yang menjadi daerah penyebaran Covid-19.

Tetua Adat Baduy meminta masyarakat suku Baduy yang merantau diminta untuk pulang dan sebelum masuk permukiman adat terlebih dahulu menjalani pengecekan kesehatan di Puskesmas setempat. Karenanya Tetua Adat berani menjamin bila pemukiman Baduy terbebas dari Covid-19, karena penjagaan diberlakukan dengan ketat dan pengunjung yang hendak masuk ke tanah hak ulayat Baduy dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Pada hari Rabu malam, 20 Januari 2021, puluhan warga Baduy menggelar selamatan kampung guna mencegah malapetaka bencana termasuk pandemi Covid-19, dengan tetap mematuhi Prokes secara ketat.”

(Cecep Nur)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + 17 =