oleh

Baru Saja Take Off, Pesawat MAF Jatuh di Danau Sentani

Jayapura (Papua), penajournalis.com – Insiden jatuhnya pesawat milik MAF (Mission Aviation Fellowship) di danau Sentani Kab. Jayapura. Selasa, 12/05 pagi.

Jatuhnya Pesawat jenis Kodiak-100 PK – MEC milik MAF (Mission Aviation Fellowship) yang baru saja lepas landas dari Bandara Sentani tujuan Distrik Mamit Kab. Tolikara, yang terjatuh di antara Kampung Yoboi dan Kampung Kamyaka danau Sentani, sehingga mengakibatkan seorang pilot wanita warga negara Amerika Serikat, Joyce Lin (41) tewas di tempat kejadian.

Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si saat dikonfirmasi membenarkan insiden jatuhnya pesawat milik penerbangan MAF tersebut.

“iya benar ada pesawat milik MAF yang jatuh sekitar pukul 06.29 Wit, yang baru saja lepas landas atau take off dari Bandara Sentani tujuan Kab. Tolikara, akibat dari jatuhnya pesawat tersebut, seorang pilot wanita warga negara Amerika Serikat, Joyce Lin (41) meninggal dunia,” ungkap Kapolres Mackbon.

Lanjut Mackbon, “usai mendapat informasi langsung kami tindak lanjuti dengan mendatangi TKP dan berkoordinasi dengan Basarnas, Lanud Silas Papare, saat proses evakuasi juga diturunkan 2 penyelam dari Auri, dimana jenasah pilot saat itu masih terperangkap di dalam badan pesawat, namun sekitar pukul 08.29 Wit jenasah pilot sudah berhasil di evakuasi dan langsung dibawa ke RS. Bhayangkara guna penanganan lebih lanjut,” tutur Kapolres Mackbon.

Sebelum terjatuh, Pesawat sempat memanggil tower “mayday” dan meminta RBT (mendarat darurat), selanjutnya petugas tower memanggil namun tidak ada jawaban dari Pilot yang kemudian pesawat tersebut hilang kontak.

“dari hasil keterangan beberapa orang saksi yang berada di sekitar tempat kejadian perkara (TKP), salah satunya Kepala Kampung Yoboi mengatakan bahwa sebelum terjatuh mereka mendengar bunyi ledakan saat pesawat tersebut melintas di atas Danau Sentani, namun untuk kronologis lengkap dan pastinya kita tunggu hasil penyelidikan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi),” Tutup Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si.

(Gun/Fian).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.