oleh

Dandim 0618/Kota Bandung Berikan Bantuan dan Menjadi Bapak Asuh Anak Stunting

Penajournalis.com, Bandung,- Dandim 0618/Kota Bandung Kolonel.Inf.Donny Ismuali Bainuri, S.Hub.Int, M.A.S.S.S, melaksanakan kegiatan pemberian batuan kepada 10 orang anak yang termasuk katagori Stunting di halaman
Kantor Kel. Sukapura Jl. Sukapura No. 01 Kecamatan Kiaracondong wilayah Koramil 1805/Kiaracondong-Batununggal Kodim 0618/Kota Bandung Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, Rabu (19/10/2022).

Kegiatan ini merupakan kepedulian Kodim 0618/Kota Bandung dalam upaya penanganan Stunting di wilayah Kota Bandung.

Dandim 0618/Kota Bandung sebagai BAAS Bapak Anak Asuh Stunting dalam rangka membantu Program Pemerintah Daerah untuk menurunkan angka stunting di Kota Bandung akan memberikan bantuan kepada 10 Anak Stunting yang menjadi anak asuh Dandim.

Dalam kegiatan Botram Anak Stunting Bersama Dandim 0618/Kota Bandung diadakan tanya jawab (dialog) antara Dandim 0618/Kota Bandung dengan para orang tua dari anak yang Stunting yang hadir di Aula Kelurahan Sukapura Kecamatan Kiaracondong serta melaksanakan foto bersama.

Dalam kesempatan tersebut Dandim menyampaikan “Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global”

“Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih” imbuh Dandim.

“Harapan kedepan dengan pedulinya seluruh Komponen Bangsa dalam upaya penanganan Stunting angka pertumbuhan kasus Stunting di wilayah semakin di harapkan semakin menurun, bahkan di Kota Bandung kedepan tidak ada lagi kasus Stunting bagi anak-anak” pungkas Dandim 0618/Kota Bandung Kolonel.Inf.Donny Ismuali Bainuri, S.Hub.Int, M.A.S.S.S.

Ketika ditemui seusai acara Camat Kiaracondong, mengatakan terima kasih saya Rina Dewi Yanti Camat Kiaracondong bersama Ibu Lurah Sukapura Ibu Melinasari, kami sangat bangga kedatangan pak Dandim, dimana beliau adalah bapak Asuh Anak Stunting sekota Bandung.Dan kami tadi sudah dikunjungi hadir pula bapak dan ibu Danramil dari beberapa Kecamatan yang pada hari ini adalah pencanangan pak Dandim sebagai Bapak Asuh Anak anak Stunting di Kota Bandung, mudah mudahan berhasil.

Tadi pak Dandim banyak menitipkan kepada kami aparat kewilayahan untuk bersama sama dengan Forkopimcam dengan serius untuk memotivasi, merawat anak anak Stunting supaya nanti tidak lagi gagal tumbuh atau Stunting sehingga mereka nanti bisa layak hidup di masyarakat dan menjadi masa depan bangsa yang bisa diharapkan oleh kita semua seperti itulah kira kira.

Jadi pak Dandim sudah punya rencana rencana ke depan dengan Puskesmas Puskesmas se Kota Bandung dan kami aparat Kewilayahan dibantu pak Danramil dan pak Kapolsek kami akan melaksanakan beberapa kegiatan untuk sosialisasi dan untuk memperbaiki permasalahan Stunting di Kota Bandung, demikian terima kasih.

Kami kan punya Pos Yandu Pos Yandu di beberapa RW, jadi memang kami turun melalui Pokja pokjanya Pos Yandu di sana sudah terprogram, ini dilaksanakan setiap bulan di setiap Puskesmas tiap membawahi beberapa Pos Yandu dan Kami memberikan PMT makanan tambahan juga sosialisasi sosialisasi tentang bagaimana merawat anak supaya tidak Stunting atau tidak gagal tumbuh kembangnya dan selain itu juga Kami mendirikan kampung kampung Keluarga Berencana yang ada di beberapa kelurahan, itu di khususkan juga untuk menangani program Stunting juga dimana ada kegiatan Bina Keluarga Balita, dimana disana di kelompok BKB yang ada di Kampung KB ini, kami memberikan arahan, motivasi kepada ibu ibu yang memiliki anak balita supaya mereka bisa merawat balita dengan baik, dan turun kami dari pak Kapolsek dan pak Danramil selain kami aparat kewilayahan di dalam kegiatan tersebut seperti itulah kira kiranya.

Untuk yang sekarang terdaftar anak Stunting di Kecamatan kita, di Kelurahan Sukapura ada tiga anak Stunting kemudian di Kelurahan Babakan Sari dan Kelurahan Kebon Jayanti sekitar Lima orang anak Stunting. Harapan kedepannya setelah pak Dandim dicanangkan menjadi Bapak Asuh, kami mendapatkan bantuan dari bapak bapak TNI untuk bersama sama membuat anak anak di Kecamatan Kiaracondong yang selama ini dikatakan Stunting atau gagal tumbuh ini kembali sehat dan setelah itu tidak terulang lagi karena kebanyakan anak anak Stunting atau gagal tumbuh kembangnya itu dikarenakan orang tua nya yang kurang paham tentang bagaimana mengurus anak yang baik dan sehat seperti itulah.

Kami menargetkan Zero Stunting, inshaa Allah Zero Stunting yang sudah pasti kami targetkan sesuai tadi kesepakatan dengan pak Dandim sebagai Bapak Asuh Anak anak Stunting, pungkas Camat Kiaracondong.

Tak lupa Ibu Lurah Sukapura Ibu Melinasari mengatakan saya Lurah Sukapura Kecamatan Kiaracondong saya sangat bahagia, ini suatu kehormatan wilayah kami menjadi tuan rumah dalam pencanangan pak Dandim sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Kota Bandung, ini bukti nyata kolaborasi kita dalam program pemerintah dukungan kita terhadap penanganan Stunting di Kota Bandung.

Targetnya mungkin Kelurahan Sukapura setelah kegiatan ini dilaksanakan menuju Zero Stunting kerjasama dengan Pentahelix, mudah mudahan ini menjadi motivasi untuk kita semua, karena anak Stunting ini harus betul betul kita tangani dan untuk mempersiapkan generasi emas kedepannya.
Dan inshaa Allah Kelurahan Sukapura menjadi Pioneer Zero Stunting Kota Bandung, pungkas Ibu Lurah Sukapura.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri Dandim 0618/Kota Bandung Kolonel.Inf.Donny Ismuali Bainuri, S.Hub.Int, M.A.S.S.S, Danramil 1805/Kiaracondong-Batununggal Kapten.Inf.Abdullah Maksum, Camat Kiara Condong Dra.Rina Dewiyanti, M.Si, Lurah Sukapura Melinasari,,S.Kom, Kapolsek Kiaracondong Kompol Deden Deni Kuswendi, Danramil 1809/Ciwastra Kapten.Cba.Sri Yudhiawati, Danramil 1802/Cibeunying-Cikutra Mayor.Cpl. Iriani Kuada, Danramil 1804/Regol-Lengkong, Kaur Komsos Ter Dim 0618/Kota Bandung Lettu.Inf Fatchurrrachman, Danramil 1812/Tamansari, Danramil 1814/Bandung Kidul Kapten.Inf.Indra S dan Staff Ter Kodim 0618/Kota Bandung.

(Purwadhi JSI).

Editor : Asep NS

Gambar Gravatar

Asep Nana , Seorang Jurnalis Senior Kawakan di Jawa Barat dengan segudang Prestasi yang menakjubkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.