oleh

Kesbangpol Terus Lakukan Sosialisasi Pengawasan Untuk Ormas dan LZM Untuk Hibah

Penajournalis.com, – Tulungagung | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tulungagung gelar sosialisasi prosedur untuk bantuan dana hibah, pelaksanaan pendaftaran Ormas maupun LZM. (01/12/2022).

Pelaksanaan tersebut difasilitasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di Kabupaten Tulungagung dimana peserta mengikuti kegiatan sebanyak kurang lebih dari lima puluh peserta.

Adapun sosialisasi bertujuan meningkatkan kerjasama antara pemerintah dengan organisasi kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat dalam rangka memperkokoh untuk mengoptimalkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara, serta meningkatkan peran serta organisasi kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat.

Mengemas pembangunan untuk mencapai tujuan nasional dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia, demi  terwujudnya organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat yang mandiri, mampu memberikan kontribusi yang positif.

” Bertujuan  membangun menciptakan kondusifitas kepada masyarakat terutama mampu menciptakan sebuah suasana yang sejuk dan damai yang dikemas dalam sesuai akhidah masing-masing Ormas atau LZM.
Kabid Bidang politik dalam organisasi kemasyarakatan Nina Umi Hani menyampaikan, mengenai kebijakan dan prosedur pemberian dana hibah, pemberian hibah dan bantuan sosial, dipaparkan oleh Nina umi mengatakan ” Ormas yang tergolong sudah memiliki badan hukum dapat mengajukan permohonan bantuan kepada Pemkab masing-masing dimana tempat organisasi tersebut.

Selanjutnya, tim akan melakukan verifikasi dan kroscek apakah ormas perlu diberikan bantuan atau tidak. Setelah menerima bantuan, ormas wajib menyusun laporan pertanggung jawaban kepada Pemda. Adapun hibah digunakan untuk mendanai kegiatan dalam rangka mendukung program, sementara bansos digunakan untuk kepentingan rehabilitasi sosial, perlindungan sosial, pemberdayaan sosial, jaminan sosial,” pungkasnya.

” Peserta ormas kegiatan juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan kedua narasumber, antara lain mengenai persyaratan mendapatkan bantuan, persoalan hasil verifikasi ormas, serta syarat pengajuan perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar.

Bambang Triono M.M ,mengapresiasi atas pelaksanaan sosialisasi bagi ormas di Kabupaten Tulungagung ,dan berharap dari rekan rekan ormas dapat meningkatkan perannya dalam pembangunan untuk ekonomi maju di Kabupaten Tulungagung, serta lebih memahami tentang hakekat dan legalitas masing-masing yang dilaporkan dikantor kesbangpol, juga yang sudah diberikan hibah bisa diperlukan sebaik-baiknya dan diperlukan sesuai dalam mekanisme masing-masing dari organisasi,” pungkasnya. (Rin/yg/m)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.