Berita

Satgas Citarum Harum Sektor 2 Subsektor 6 Melaksanakan Patroli Rutin di Petak 59 Sebagai Upaya Menjaga Kelestarian Alam Sekitar.

20
×

Satgas Citarum Harum Sektor 2 Subsektor 6 Melaksanakan Patroli Rutin di Petak 59 Sebagai Upaya Menjaga Kelestarian Alam Sekitar.

Sebarkan artikel ini

Penajournalis.com, Pacet, Kab Bandung,- Atas perintah dan arahan Dansektor -2 Citarum Harum Subsektor-6 di bawah pimpinan Pelda Yayat Suharyat hari ini melaksanakan kegiatan rutin patroli, penjangeran dan pemupukan menggunakan formula BIOS-44 DC di petak 59 Desa Sukarame, Kecamatan Pacat, Jumat (05/07/2024).

Dansub-6 Pelda Yayat Suharyat  menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk Tupoksi Satgas Citarum khususnya Sektor-2 Subsektor-6 tentang pemeliharaan dan pengawasan terhadap pohon-pohon yang sudah ditanam serta pengecekan pendataan lahan kritis untuk progres penghijauan, sekaligus rencana penghijauan agar ekosistem hutan bisa terus terjaga.

Seperti kita ketahui bahwa hutan memiliki banyak manfaat untuk manusia dan mahluk hidup lainnya, namun jika sampai terjadi perambahan hutan dan alih fungsi lahan yang berlebihan tentunya hutan beserta habitat di dalamnya akan rusak.

Adapun kegiatan patroli, penjangeran serta pemupukan pohon menggunakn BIOS-44 yang dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Subsektor-6, untuk memelihara pohon-pohon yang sudah ditanam agar tumbuh dengan baik dan subur.

Dansub-6 Pelda Yayat Suharyat menjelaskan, terjadinya bencana alam banjir dan erosi disebabkan beberapa faktor, diantaranya karena lahan hutan semakin gundul akibat banyaknya perambahan hutan serta banyaknya alih fungsi hutan menjadi perkebunan yang berakibat pada kurangnya penyerapan air, sehingga air langsung turun tanpa ada resapan air yang berakibat saluran air meluap tidak dapat menampung air.

Dalam kesempatan ini juga Dansub-6 Pelda Yayat Suharyat mengajak serta menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat marilah kita sama-sama untuk merawat kelestarian hutan dan pohon-pohon yang ada di dalamnya, agar bumi ini tetap dingin, terus menyerap serta mengalirkan air, dan memasok lebih banyak lagi oksigen bagi kehidupan makhluk hidup.

Dansub-6 Pelda Yayat Suharyat menyampaikan bahwa Kegiatan patroli serta perawatan pohon di Petak-59 ini dilaksanakan bersama-sama warga masyarakat sebagai wujud kemanunggalan TNI melalui Satgas Citarum dengan rakyat dalam rangka menjaga alam serta lingkungan agar tetap lestari.

Pada kesempatan ini pula Dansub-6 Pelda Yayat Suharyat memberikan arahan dan himbauan kepada seluruh warga masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam rangka merawat pohon-pohon yang sudah ditanam oleh anggota Satgas Citarum guna kelestarian hutan sekitarnya.

“ALAM KITA JAGA MAKA ALAM MENJAGA KITA”.Tutupnya.         (Purwadhi JSI)

 

Editor: Bambang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *